Senin, 13 Agustus 2018

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Indonesia

  Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah sebuah jenjang pendidikan sebelum jenjang di pendidikan dasar yang merupakan salah satu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia kurang lebih enam tahun. Hal ini dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan kepada anak, untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani si anak agar anak tersebut memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut nantinya, pendidikan ini bisa diselenggarakan pada 3 jalur yakni formal, nonformal, dan informal. Ruang lingkup Pendidikan Anak Usia Dini adalah di antaranya: bayi (0-1 tahun), balita (2-3 tahun), kelompok bermain (3-6 tahun), dan sekolah dasar kelas awal (6-8 tahun).


Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Indonesia

  Pendidikan anak usia dini adalah salah satu upaya penyelenggaraan pendidikan yang menitik-beratkan pada peletakkan dasar ke arah pertumbuhan dan enam perkembangan: agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan sesuai kelompok usia yang dilalui oleh anak usia dini seperti yang tercantum dalam Permendikbud 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD (menggantikan Permendiknas 58 tahun 2009).


Pendidikan anak usia dini menurut para ahli ada 6 yaitu:
  • Memperkenalkan anak pada dunia sekolah
  • Membiasakan anak terhadap kegiatan terstruktur
  • Mengajari anak untuk disiplin dan mengikuti peraturan
  • Menumbuhkan imajinasi dan kreativitas
  • Menanamkan nilai-nilai positif
  • Membentuk dasar kepribadian anak

Pentingnya pendidikan anak usia dini itu tak bisa di pungkiri lagi. 

  Pendidikan adalah aset penting untuk kemajuan nasional, sehingga setiap warga negara harus dan harus mematuhi tingkat pendidikan pada tahap awal pendidikan anak, pendidikan dasar, pendidikan menengah dan tinggi. Di bidang pendidikan, seorang anak sejak lahir membutuhkan layanan yang memadai dalam memenuhi kebutuhan pendidikan, disertai dengan pemahaman tentang karakteristik anak-anak sesuai dengan perkembangan dan perkembangan mereka, yang menghasilkan proses belajar bagi anak-anak untuk usia mereka, kebutuhan dan kondisi akan sangat berguna secara intelektual, emosional dan sosial.

Pendidikan anak usia dini ini termasuk ke dalam pendidikan

  Yang mengatakan pendidikan non-formal adalah "sekolah" yang dikenal publik sebagai playgroup dan Childcare Park (TPA). PAUD diselenggarakan pada tiga tingkatan: formal, informal dan informal, sesuai dengan Pasal 28 UU No 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sistem Pendidikan Nasional). PAUD formal awal diadakan di taman kanak-kanak dan Raudlatul athfal, juga dikenal sebagai taman kanak-kanak Islam. Rute non-formal khusus adalah untuk anak-anak berusia 2-4 tahun yang telah diterima oleh Kelompok Bermain dan Pusat Perawatan Anak. Meskipun garis tidak resmi adalah pendidikan dalam keluarga

 Untuk lebih jelasnya jika Anda ingin mengetahui mengenai masalah pendidikan di Indonesia ini Anda bisa berkunjung ke situs Tarbiyatul yang merupakan situs pendidikan yang terkenal di Indonesia. Disana Anda akan menemukan hampir semua hal tentang pendidikan, mulai dari cara belajar, soal-soal dan kunci jawaban, hingga pengetahuan lain yang masih berhubungan dengan pendidikan.


Sumber: https://tarbiyatul.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Indonesia

  Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah sebuah jenjang pendidikan sebelum jenjang di pendidikan dasar yang merupakan salah satu upaya pem...